Menciptakan Dunia Farmasi yang Peduli Kesehatan

Pict by sikesumabangsa

Pafikotamalinau.org berupaya membangun dunia farmasi yang bergerak aktif untuk terus menjaga kesehatan masyarakat. Selama ini, masyarakat seringkali menyalahartikan farmasi sebagai ilmu yang sekadar fokus dalam pembuatan obat. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu. 

Cakupan farmasi sangatlah luas. Bahkan, farmasi berperan penting dalam menjaga serta mempertahankan kesehatan masyarakat. 

Farmasi sendiri merupakan bidang yang memggabungkan beberapa disiplin ilmu pengetahuan. Di antaranya adalah biologi, kimia, dan juga kedokteran. Tujuannya adalah untuk memahami, mengembangkan, serta menciptakan obat atau produk kesehatan dan juga layanan terkait. 

Peran Bidang Farmasi dalam Menjaga Kesehatan

Beberapa peran farmasi antara lain:

Mengembangkan obat-obatan

Semua ahli farmasi, termasuk PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) ikut terjun dalam penelitian dan pengembangan produk kesehatan (obat-obatan) untuk mengatasi berbagai penyakit. Mereka tentu tidak bekerja sendiri melainkan bekerjasama dengan dokter atau ilmuwan. Di antara tugasnya adalah menemukan senyawa aktif, menguji keamanan dan keampuhan, juga merumuskan formulasi yang sesuai. 

Menyediakan Obat-obatan

Farmasi juga bertugas untuk menyediakan obat-obatan yang telah teruji klinis. Artinya, produk tersebut berkualitas dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Tim farmasi umumnya mengelola apotek, mendistribusikan produk kesehatan, hingga mengedukasi pasien atau masyarakat terkait penggunaan obat yang tepat. 

Mencegah Penyakit

Ahli farmasi juga ikut andil dalam pencegahan penyakit. Bagaimana caranya? Salah satunya yaitu dengan mengembangkan vaksin. Selain itu, ada pula edukasi untuk masyarakat tentang kesehatan serta memonitoring efek samping penggunaan produk kesehatan tertentu. 

Sebenarnya, masih banyak peran farmasi. Dalam Pafikotamalinau.org juga menjelaskannya secara detail. 

Farmasi Membangun Masa Depan Cerah dalam Dunia Kesehatan

Seperti yang kita ketahui bahwasannya ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang. Sehingga, ada banyak inovasi baru dalam bidang farmasi. Contoh inovasi yang kemungkinan besar bisa kita rasakan di masa depan adalah:

Terapi sel dan gen

Kira-kira, apa sih fungsi dari terapi ini? Terapi sel dan gen memungkinkan untuk menyembuhkan penyakit dengan cara memperbaiki sel tubuh yang rusak atai mengganti gen yang sudah tidak berfungsi. 

Implementasi kecerdasan buatan

AI sudah sangat berkembang sekarang. Dalam hal ini, ahli farmasi dapat memanfaatkan kecerdasan buatan tersebut untuk bertugas di bidangnya. Misalnya, menerapkan aI untuk menganalisis data kesehatan, menemukan obat baru, atau mempersonalisasi perawatan pasien. 

Obat-obatan yang tepat sasaran dan lebih personal

Perkembangan bioteknologi dan genomik juga semakin baik. Dengan dua media tersebut, ahli farmasi bisa merancang obat-obatan yang sesuai dengan kebutuhan spesifik dan juga profil genetik pasien. 

Farmasi Mampu Membentuk Karir yang Bermakna

Farmasi menawarkan beragam karir yang rewarding dan challenging. Jadi, bidang ini sangat cocok untuk mereka yang menyukai ilmu pengetahuan dan berupaya ikut andil dalam menjaga kesehatan masyarakat. Di antara prospek kerja bidang farmasi adalah:

Apoteker: Apoteker bertugas menyediakan berbagai obat yang dibutuhkan pasien. Selain itu, apoteker juga harus mengedukasi terkait penggunan serta efek sampingnya. Jadi, mereka tidak sekadar memberi obat. 

Ilmuwan Farmasi: Tugasnya yakni melakukan penelitian serta mengembangkan obat-obatan baru, memformulasikan obat, dan juga menganalisis obat. 

Epidemiolog Farmasi: Tugas pekerjaan ini yaitu mempelajaripola penggunaan dan efek obat, memantau, serta berkontribusi dalam pencegaham penyakit. 

Spesialis Regulasi Farmasi: Bagaimana dengan pekerjaan ini? Mereka bertugas memantau dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan standar dalam pengembangan, produksi, hingga distribusi produk kesehatan.

Jadi, farmasi sangat bermanfaat kan? Itulah sebabnya, Pafikotamalinau.org menghimpun para ahli farmasi untuk terus mengembangkan pengetahuan dan ikut terjun dalam menjaga kesehatan masyarakat. 



Mualimah Only a cute girl loving to write so much

Belum ada Komentar untuk "Menciptakan Dunia Farmasi yang Peduli Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel